Linmas Karanggayam Dilatih Pertolongan Pertama PMI Kebumen

ceritarelawan.id, KebumenPalang Merah Indonesia (PMI) Kebumen memberikan pendidikan dan pelatihan dasar pertolongan pertama dan kedaruratan medis kepada anggota perlindungan masyarakat (LINMAS) se Kecamatan Karanggayam.

Acara berlangsung di Aula Kecamatan Karanggayam pada Kamis 14/7/2022 ini diikuti sebanyak 30 anggota Linmas. Dalam kegiatan ini PMI Kebumen mengirimkan dua narasumber yakni Ircham Dawi K dan Siti Mutaliah.

Siti Mutaliah selaku narasumber mengatakan acara berlangsung selama 4 jam dengan penyampaian materi pertolongan pertama yang diberikan meliputi teori maupun praktik

“hari ini kami akan belajar bersama anggota linmas karanggayam dengan materi pertolongan pertama meliputi dasar, cidera , berbagai jenis luka dan langsung dengan latihan praktik oleh setiap anggota linmas” Ujar Siti Mutaliah

Sementara itu Camat Karanggayam, Drs. Isnadi, M. AP mengatakan pelatihan ini sebagai bentuk peningkatan kapasitas untuk anggota linmas agar dapat melakukan pertolongan pertama jika terjadi suatu bencana maupun kejadian insidental yang dapat mengakibatkan korban jiwa.

“sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas anggota LINMAS yang ada di Karanggayam maka saya rasa perlunya diadakan pelatihan pertolongan pertama, karena anggota LINMAS ini sebagai pamong utama yang bergerak dan melindungi masyarakat semoga kedapannya LINMAS mampu melakukan pertolongan pertama dilingkungan nya apabila ada kejadian-kejadian yang dapat menimbulkan korban jiwa ataupun kejadian bencana alam” Pungkas Isnadi 

Pihaknya turut mengucapkan terima kasih kepada PMI Kebumen yang telah bekerjasama dalam kegiatan pelatihan tersebut.

“Saya atas nama pemerintahan Karanggayam turut mengapresiasi semangat anggota linmas yang mau belajar dan berbenah terhadap materi pertolongan pertama dan tentunya juga kami mengucapkan terima kasih besar kepada PMI Kebumen melalui fasilitator yang datang memberikan materi teori dan mengajarkan praktik secara langsung kepada teman-teman anggota linmas Karanggayam” Tambahnya.

Semoga kedepan LINMAS mampu melakukan pertolongan pertama di lingkungannya apabila terjadi suatu bencana yang mengakibatkan adanya korban jiwa, karena linmas yg pertama bergerak dimasyarakat". Pungkasnya (pipiet/amin)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Linmas Karanggayam Dilatih Pertolongan Pertama PMI Kebumen"