Peduli Kebersihan, PMR MAN 1 Pasuruan Kerja Bakti di Lingkungan Sekolah


ceritarelawan.id, Pasuruan - Palang Merah Remaja (PMR) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan terus menjaga kebersihan dengan melaksanakan kerja bakti di lingkungan sekolah. Rabu, (21/09/2022)

Sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, Anggota PMR belajar mengenai materi Remaja Sehat Peduli Sesama dengan belajar mengenai kebersihan diri, kebersihan lingkungan, kebersihan keluarga dan kebersihan sekolah.

Para anggota diminta untuk menjelaskan mengenai pengertian kebersihan dan kesehatan, manfaat melaksanakan kebersihan serta diberikan game mengenai kotak kebersihan dengan masing-masing peserta diberikan kertas sebanyak 3 kertas lalu ditugaskan untuk menuliskan kegiatan kebersihan yang sudah dan belum dilaksanakan pada hari itu. Kesimpulan hasil tersebut diputuskan bahwa pelajar masih menerapkan kebersihan sebanyak 70% dan perlu ditingkatkan kembali. 

Rencana tindak lanjut dari kegiatan tersebut yaitu anggota PMR wira MAN 1 Pasuruan melaksanakan kampanye kebersihan, yaitu dengan “operasi semut” yaitu anggota PMR MAN 1 Pasuruan dibagi 4 kelompok untuk membersihkan lingkungan sekolah, sehingga untuk pelajar akan lebih sadar untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya.

Kegiatan kebersihan ini dilakukan secara rutin diseluruh bagian sekolah MAN 1 Pasuruan. Pembagian ini melibatkan seluruh anggota PMR wira MAN 1 Pasuruan kelas 10 dan 11 berjumlah sebanyak 60 anak yang dibagi per kelompok dan setelah diadakan kegiatan operasi semut tersebut juga nantinya anggota PMR MAN 1 Pasuruan melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya melakukan kebersihan di lingkungan sekolah, serta menempelkan poster-poster edukasi kebersihan sekolah. “Ucap Nabila ketua PMR MAN 1 Pasuruan”

Kegiatan kebersihan sekolah merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anggota PMR dan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekolah diantaranya yaitu sekolah menjadi lebih bersih, bebas dari gangguan penyakit, serta murid akan lebih sadar akan melaksanakan kebersihan dilingkungan sekolahnya. 

“Pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan bagi seorang muslim, bersih merupakan syarat mutlak untuk mencapai kesehatan,  salut bagi para anggota PMR Wira MAN 1 Pasuruan, yang selalu menjaga kebersihan di lingkungan madrasah. Kebersihan lingkungan dimulai dengan keinginan setiap individu untuk menjadi bersih dan sehat. Maka ciptakan sebuah tindakan untuk menjadi GENERASI SEHAT dengan diawali dari bersihnya lingkungan sekitar kalian. ”Kata Fitri Nur N selaku pembina PMR” (hafiidh/amin)

ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Peduli Kebersihan, PMR MAN 1 Pasuruan Kerja Bakti di Lingkungan Sekolah"

Get new posts by email: