Semeru Erupsi, Khofifah Tinjau Dapur Umum PMI dan Kunjungi Pengungsi

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kunjungi Dapur Umum PMI di Balai Desa Penanggal Candipuro (Foto Rini Jamilah)
ceritarelawan.idLumajang - Sehari pasca erupsi awan panas guguran Gunung Semeru, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengunjungi warga di pengungsian. Senin, (5/12/2022).

Hujan deras yang mengguyur lokasi pengungsian di balai desa Penanggal Candipuro, tidak menyurutkan semangat orang nomer satu di Jatim itu mengunjungi warganya. 

Kunjungan Gubernur Jatim didampingi Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya.

Tiba di balai desa Penanggal, langsung menuju dapur umum PMI Lumajang." Bagaimana , sedang masak apa ini. Berapa banyak masi bungkus yang disediakan dapur umum PMI Lumajang untuk warga pengungsi?," tanya Khofifah pada Sigid koordinator dapur umum PMI Lumajang.

Sigid menjelaskan, sejak erupsi Semeru 4/12/2022, Dapur Umum PMI sudah menyediakan 400 nasi bungkus untuk sarapan, 200 nasi bungkus untuk makan siang dan malam  200 nasi bungkus." Selain pengungsi, kita juga melayani nasi bungkus petugas dan relawan," terang Sigid relawan PMI Lumajang.

Gubernur Khofifah selanjutnya nyambangi para pengungsi di Musholla Balai Desa Penanggal, dan berbincang dengan mereka. Gubernur juga menyerahkan bantuan dari Pemprov Jatim diterima Bupati Lumajang Thoriqul Haq, MML. Selain itu Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, dan Ketua Bhayangkari Polda Jatim juga menyerahkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru.

Kunjungan berikutnya ke lapangan desa Candipuro, yang juga merupakan titik tempat pengungsian.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, MML mengeluarkan surat keputusan tentang status tanggap darurat bencana Erupsi Semeru selama 14 hari. Terhitung mulai 4 sampai 17 Desember. SK itu bisa dihentikan sewaktu - waktu melihat situasi dan kondisi di lapangan. (rin/min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Semeru Erupsi, Khofifah Tinjau Dapur Umum PMI dan Kunjungi Pengungsi"