PMI Jatim Targetkan Dua Besar di Jumbara Nasional IX

Pemusatan Latihan Kontingen Jumbara PMI Jatim

ceritarelawan.id, Pasuruan - Sebanyak 41 Palang Merah Remaja( PMR) Jawa Timur terdiri PMR Wira, Madya dan PMR Mula yang akan diterjunkan dalam Jumbara PMR Nasional lX di Lampung memasuki training center atau fase pemusatan latihan di tempat rekreasi Bhakti Alam, Pasuruan.   

 

Mereka akan di gembleng dengan berbagai materi yang di lombakan dalam Jumbara Nasional selama tujuh hari mulai tanggal 18 sampai 24 Juni 2023, dibuka secara resmi oleh Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo S, Minggu(18/6/2023).   

 

Imam Utomo saat membuka kegiatan menyampaikan, dalam Jumbara Nasional IX ada tiga hal penting harus diketahui dan dipaham betul apa itu PMR dalam Palang Merah Indonesia (PMI). Kekompakan dan silaturahim nasional. Jangan sampai disana nanti tiga hal ini malah tidak tahu.   


"Ketua Umum PMI HM. Jusuf Kalla) dalam Rakor terbatas seminggu lalu telah menyampaikan bahwa dalam Jumbara Nasional lX di Lampung, diikuti oleh semua provinsi se Indonesia, namun tidak semua provinsi bisa mengirim tim secara lengkap,". Ungkapnya

 

"Dalam Jumbara Nasional IX PMI Jawa Timur akan mengirim tim PMR lengkap yakni 41 orang, PMR. Jawa Timur akan berpartisipasi mengikuti semua materi yang dilombakan mulai dari PMR Wira, Madya dan mula. Jadi Jawa Timur dalam rombongan besar,". Jelasnya

 

Imam Utomo berharap kehadiran Jawa Timur juga tidak sekedar ikutan saja melainkan ingin memperbaiki posisi yang selalu tiga besar nasional menjadi dua besar, atau bahkan lebih dari itu.

 

"Misi PMR ini intinya menolong sesama. Yang diperlukan adalah kekompakan, kebersamaan. Tadi ada yel yel bagus sekali. Saya salut karena dilakukan dengan baik. Tapi saya lihat kekompakannya masih kurang. Gak apa apa karena hari ini baru memulai pemusatan Latihan, masih ada waktu untuk memperbaiki, mari perbaiki posisi tiga besar nasional menjadi dua besar, atau bahkan lebih dari itu,". Terang mantan Pangdam V/ Brawijaya dan Gubernur Jawa Timur dua periode ini.   

 

"Jumbara itu membangun kekompakan, yakni silturahim sesama PMR se Indonesia. Jadi Jumbara itu adalah pertemuan PMR se Indonesia. Kalian harus saling berkunjung ke ketingen provinsi lain. Dan peserta Jumbara juga harus gembira. Soal didalam Jumbara ada lomba, itu upaya meningkatkan dan mengasah kemampuan yang menjadi misi PMR,". Tambahnya   


"Di pemusatan Latihan ini, fasilitator akan mengajarkan semua materi, pemantapan atas hasil seleksi mulai tingkat kabupaten/ kota hingga provinsi. Saya melihat persiapan kita di Jumbara Lampung jauh lebih bagus ketimbang sebelumnya. Sebab itu hasilnya diharapkan juga lebih baik. Kalian berangkat ke Lampung tidak lagi membawa nama daerah masing masing melainkan provinsi Jawa Timur. Pemusatan Latihan ini akan menentukan saat Jumbara Nasional IX di Provinsi Lampung. Kalau di Lampung nanti hasilnya amburadul maka TC nya pasti tidak baik dan sebaliknya. Ditingkat nasional, Jatim itu nilainya selalu baik. Jadi disana juga harus baik. Diakhir arahannya Imam Utomo  juga wanti wanti, karena tim ini mayoritas perempuan maka ini menjadi tugas berat bagi fasilitator dan official,". Pungkasnya.( min)

ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "PMI Jatim Targetkan Dua Besar di Jumbara Nasional IX"