Satgana PMI: Tim Elit penanganan bencana


ceritarelawan.id, Jember -  27 anggota Satuan Siaga Penggulangan Bencana (Satgana) PMI Kabupaten Jember sedang menjalani pendidikan dan pelatihan khusus sejak Rabu, 28 Februari 2024. 

Satgana PMI ini hari pertama dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam Manajemen Tanggap Darurat, Assessment, Media, Bongkar Pasang Tenda, serta Penggarapan Rencana Aksi dan Rencana Operasi Tanggap Darurat Bencana.

Hari kedua pelatihan, pada 29 Februari 2024, para anggota baru satgana PMI memulai dengan Apel Pasukan yang dipimpin oleh Kepala Markas PMI Kabupaten Jember, LetKol (Purn) Sumarno. Sumarno menekankan pentingnya menjunjung tinggi jiwa korsa kemanusiaan yang menjadi ciri khas setiap anggota Satgana.

Sumarno juga mengingatkan peserta untuk menjadi relawan PMI yang berkomitmen tinggi terhadap nilai-nilai kemanusiaan. "Mari kita selalu memegang teguh jiwa korsa kemanusiaan yang merupakan karakter kuat setiap anggota Satgana PMI, termasuk satgana PMI Kabupaten Jember," kata Sumarno.

Mamang Pratidina, Pengurus PMI Bidang Penanggulangan Bencana, juga memberikan semangat kepada peserta diklat Satgana PMI. 

"Satgana merupakan Tim Elit PMI yang siap tanggap dalam penanganan bencana, oleh karena itu harus mahir dalam bidangnya," ujar Mamang Pratidina.

Dengan semangat dan ketrampilan yang diberikan selama diklat Satgana PMI ini diharapkan para anggota satgana PMI Kabupaten Jember siap dan mampu dalam menghadapi bencana dan memberikan bantuan yang cepat dan efektif kepada masyarakat yang membutuhkan. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Satgana PMI: Tim Elit penanganan bencana"